Group Alphabet Penekan Utama Turunnya Bursa Saham AS

437

(Vibiznews – Index) – Bursa saham AS dibuka anjlok pada Selasa karena komentar Presiden Donald Trump menimbulkan keraguan tentang kesepakatan yang dipicu pada perdagangan AS-China.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 201 poin sementara S & P 500 turun 0,6 persen. Nasdaq Composite tertinggal, meluncur lebih dari 0,8 persen.

Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Trump mengatakan bahwa “sangat tidak mungkin” bahwa AS akan menunda kenaikan tarif pada $ 200 miliar barang-barang China menjadi 25 persen.

Trump mengatakan bahwa tarif 10 persen untuk laptop dan iPhone yang diimpor dari China dapat dikenakan. Komentar presiden datang menjelang pertemuan penting antara para pemimpin G-20, yang mencakup Trump dan pemimpin pemerintah China, Xi Jinping.

Saham Apple turun 1,8 persen, sementara saham teknologi populer lainnya seperti Facebook, Amazon, Netflix dan Google demikian juga dengan induk perusahaan mereka, Alphabet juga turun.

Stok baja juga turun secara luas. Vektor Baja VanEck ETF turun 1,8 persen ke level terendah 52 minggu baru karena saham Baja AS turun lebih dari 5 persen.

Sementara itu, harga saham United Technologies turun kembali 5 persen setelah perusahaan meluncurkan rencana untuk memecah divisi lift, AC dan bisnis aerospace.

Pergerakan pada hari Selasa datang setelah Wall Street mengakhiri sesi hari Senin dengan tajam lebih tinggi, dengan rata-rata industri Dow Jones ditutup lebih dari 350 poin lebih tinggi. S & P 500 juga naik lebih dari 1 persen.

Saham telah berada di bawah tekanan baru-baru ini karena saham seperti Facebook, Amazon, Apple, Netflix dan Google dan induk usahanya, Alphabet memasuki wilayah bear-market. Investor juga mengkhawatirkan rencana Federal Reserve untuk mengetatkan kebijakan moneter. Bank sentral sebagian besar diperkirakan akan menaikkan suku bunga bulan depan.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here