Stoxx 600 Eropa Bergerak 0,3 Persen Lebih Rendah

381

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa turun pada Selasa, karena investor memantau sejumlah peristiwa politik termasuk Brexit dan rencana anggaran Italia, dan mencerna komentar lebih lanjut dari Presiden Donald Trump.

Stoxx 600 pan-Eropa bergerak 0,3 persen lebih rendah dengan berbagai sektor mengambil arah yang berbeda. Sumber daya dasar adalah sektor berkinerja terburuk, dikarenakan kekhawatiran perdagangan yang masih terus berlangsung.

Lebih jauh lagi, saham perjalanan dan rekreasi turun hampir 1 persen dipimpin oleh melemahnya profit Thomas Cook. Perusahaan ini membekukan pembayaran dividen dan mengeluarkan peringatan akan turunya keuntungan kedua dalam dua bulan. Saham mendekati terendah enam tahun menurut Reuters. Harga Saham perusahaan rivalnya, Tui juga turun sekitar 4 persen.

Saham-saham bank-bank Eropa juga berada di bawah garis datar, setelah berbagai penurunan peringkat oleh Morgan Stanley. Bank metro turun 3,3 persen; BBVA turun 2,7 persen.

Di tempat lain, pembicaraan seputar keluarnya U.K. dari Uni Eropa masih terus bergemuruh. Selama akhir pekan, para pemimpin dari Uni Eropa mendukung kesepakatan penarikan Brexit yang ditata oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May, namun, masih ada rintangan yang harus dihadapi oleh May. Pemimpin Inggris sekarang menghadapi oposisi dari politisi di negara asalnya, dengan Parlemen diharapkan untuk memberikan suara pada kesepakatan dalam dua minggu pada 11 Desember.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here