China Harapkan Hasil Positif Pertemuan Trump-Xi

590

(Vibiznews – Economy & Business) China mengharapkan hasil positif dalam menyelesaikan sengketa perdagangan dengan Amerika Serikat pada KTT G20 di Argentina, kementerian perdagangan mengatakan pada hari Kamis (29/11).

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan perdagangan di sela-sela KTT G20 di Buenos Aires pada hari Sabtu.

Ditanya apakah China berusaha mencegah lebih banyak tarif AS pada pertemuan tersebut, juru bicara kementerian, Gao Feng, mengatakan tim ekonomi dari kedua belah pihak berkomunikasi untuk menerapkan konsensus yang dicapai Trump dan Xi dalam panggilan telepon bulan ini.

“Saya berharap bahwa Amerika Serikat dan China dapat bergerak ke arah satu sama lain dan bekerja keras untuk mencapai hasil positif dalam pertemuan tersebut,” kata Gao, tanpa memberikan rincian, seperti yang dilansir Reuters.

Amerika Serikat telah memungut bea tambahan antara 10 persen hingga 25 persen pada barang-barang China senilai $ 250 miliar tahun ini sebagai hukuman atas apa yang disebutnya praktik perdagangan China yang tidak adil, dengan tarif 10 persen akan meningkat menjadi 25 persen tahun depan.

Sebuah jajak pendapat Reuters pada hari Rabu menunjukkan pabrik-pabrik China kemungkinan berjuang untuk tumbuh untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan November karena permintaan yang dingin di dalam negeri dan ancaman tarif AS yang lebih tinggi menahan pesanan baru.

“Pihak China telah berulang kali menekankan bahwa esensi dari kerjasama ekonomi dan perdagangan China-AS adalah saling menguntungkan dan menang-menang,” kata Gao.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here