Kecemasan Telah Landa Pasar Eropa, DAX Jerman Alami Pelemahan Terpanjang Sejak 2008

914

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa jatuh kembali pada hari Jumat karena data yang lemah dari China yang menghidupkan kembali kecemasan atas perlambatan pertumbuhan dan investor cemas menjelang pembicaraan penting G20 Sabtu antara Presiden AS Trump dan Xi Jinping China atas perdagangan.

Pan-Eropa STOXX 600 dibuka sedikit naik tetapi dengan cepat jatuh ke wilayah negatif, turun 0,5 persen pada pukul 09:30 GMT. DAX Jerman. GDAXI, yang paling sensitif terhadap China karena eksportir besar, turun 0,6 persen.

DAX ditetapkan untuk bulan keempat berturut-turut diwilayah merah – beruntun terpanjang sejak 2008. StoXX pan-Eropa ditetapkan untuk bulan kedua kerugian berturut-turut sampai dengan bulan November, dan kinerja laporan keuangan yang mengecewakan investor.

China melaporkan data tingkat pertumbuhan hasil pabrik terlemahnya dalam lebih dari dua tahun pada hari Jumat, menyalakan kembali kekhawatiran tentang hasil pembicaraan jelang pertemuan perdagangan yang penting antara AS dan China.

Saham-saham di sektor otomotif adalah yang berkinerja terburuk, turun 1,4 persen, didorong data ekonomi dan kecemasan atas tarif.

Para pemimpin industri mobil Jerman sedang menyelesaikan rencana untuk mengunjungi Gedung Putih minggu depan untuk membahas kebijakan perdagangan, kata para pejabat Jerman dan AS.

Pembuat komponen mobil adalah salah satu saham yang berkinerja terburuk, dengan Hella (HLE.DE), Valeo (VLOF.PA), dan pembuat ban Faurecia (EPED.PA) turun 2,4-4,9 persen.

Daimler (DAIGn.DE) menyeret turun DAX dengan penurunan 2,7 persen, sementara harga saham BMW (BMWG.DE) dan Volkswagen (VOWG_p.DE) turun 0,8-0,9 persen.

Analis HSBC menurunkan peringkat baik Faurecia dan Daimler untuk “mengurangi” dari “tahan”, mengatakan re-rating untuk sektor tahun depan adalah “sulit dibayangkan”. Ketakutan akan tarif telah mendorong para analis untuk memangkas perkiraan pertumbuhan pendapatan mereka untuk sektor otomotif.

Saham pertambangan .SXPP turun 1,1 persen, terpukul oleh kekhawatiran pertumbuhan atas China, konsumen logam terbesar dunia.

Di antara hambatan terbesar pada STOXX berasal dari barang-barang mewah seperti Kering (PRTP.PA) dan LVMH (LVMH.PA), masing-masing turun 1,8 persen. Saham mewah telah sangat sensitif terhadap perlambatan pertumbuhan di China, pasar merek ternama high-end.

Dalam saham tunggal saham Altice (ATCA.AS) melonjak 9,4 persen setelah perusahaan telekomunikasi dan kabel ini mengumumkan bahwa divisi Perancis telah setuju untuk menjual saham unit bisnis serat optiknya sebesar 49,99 persen.

Zalando (ZALG.DE) turun 4,2 persen setelah Kepler Cheuvreux memangkas target harga pada saham, mengatakan telah menjadi lebih skeptis tentang potensi jangka panjang untuk margin di pengecer online.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here