Nasib Dolar AS Akhir Pekan Menunggu Pertemuan G20

462

(Vibiznews – Forex) – Kondisi mata uang dolar AS pada perdagangan awal sesi Asia hari Jumat  (30/11) berusaha rebound setelah 2 hari berturut alami tekanan kuat. Bangkitnya performa dolar AS mendapat suntikan kekuatan dari risalah pertemuan kebijakan moneter Fed sekalipun beberapa data ekonomi penting mengecewakan. Dan untuk pergerakan hari ini akan menunggu pertemuan G20.

Dalam risalah yang dilaporkan semalam menunjukkan pejabat Fed sepakat akan menaikkan suku bunga seperempat poin pada pertemuan mereka yang terakhir tahun 2018 yaitu bulan Desember.

Lihat: Pejabat Fed Sepakat Naikkan Suku Bunga di Bulan Desember Menurut Risalah FOMC

Sebelumnya dolar mendapat tekanan dari buruknya data-data ekonomi penting yang mengecewakan seperti data indeks PCE Price, klaim pengangguran pekan lalu dan data pending home sales. Semua data tersebut menunjukkan data jauh dibawah ekspektasi bahkan dari posisi periode sebelumnya.

Indeks dolar yang menunjukkan kekuatan dolar AS terhadap 6 mata uang utama lainnya kini bergerak pada kisaran 96.78 setelah dibuka pada posisi awal sesi 96.76. Perdagangan sebelumnya indeks ditutup pada posisi 96.77 dan sempat mencapai posisi tinggi di 97.00.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga akhir sesi Amerika posisi dolar masih akan menunggu sentimen pasar terhadap pertemuan G20 di Argentina yang akan dibuka malam nanti. Dalam pertemuan tersebut pasar fokus pada pertemuan Presiden AS dan China.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here