Preview Notulen FOMC: Kelihatannya Kenaikan Tingkat Bunga Terhenti

389
Vibizmedia Photo

(Vibiznews- forex) Federal Reserve akan merilis risalah pertemuan FOMC tanggal 25-26 September  pada hari Jumat tanggal 30 November dini hari (02:00 WIB). Komite FOMC setuju 9-0 untuk menaikkan tingkat bunga the Fed dari 0.25% menjadi 2.00% sampai 2.25%.

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell berbicara kepada Economic Club dari New York pada hari sebelum risalah pertemuan dirilis. Pasar bertanya-tanya apakah the Fed sedang menyiapkan panggung untuk berhentinya kampanye tiga tahun mengenai normalisasi tingkat bunga.

Powell membuat catatan didalam pernyataan tertulisnya bahwa,”tingkat bunga masih rendah menurut standar historis dan mereka tetap berada dalam level netral terhadap ekonomi, yang berarti tidak ngebut  tidak juga turun melambat. Kolega FOMC saya dan saya sendiri, juga banyak ekonom dari sektor swasta, memperkirakan pertumbuhan yang solid yang berkelanjutan, pengangguran yang rendah, dan inflasi mendekati 2 persen.”

Pernyataan tersebut diatas berbeda jauh dari pernyataannya pada tanggal 3 Oktober

bahwa Fed Fund Rate (FFR) kemungkinan masih jauh dari netral. The Fed menyatakan ada sedikit perubahan kebijakan. Komentar Powell pada tingkat bunga netral dipertimbangkan dengan hati-hati”. Pasar akan mencari bukti-bukti bahwa anggota komite melihat dengan gambaran ekonomi yang sama.

Risalah pertemuan Federal Reserve diedit. Mereka adalah bagian dari narasi kebijakan yang the Fed hadiahkan kepada pasar dan dunia.

 

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here