Bursa Eropa Awal Pekan Ketiban Untung Setelah Pertemuan Trump-Xi Jinping

400

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa awal pekan hari Senin (3/12) rally kuat mengikuti trend perdagangan bursa saham Asia  setelah Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping menegosiasikan gencatan senjata sementara untuk konflik perdagangan mereka  akhir pekan lalu.

Terpantau indeks Stoxx 600 Eropa naik lebih dari 2 persen selama transaksi awal, dengan semua sektor di wilayah positif. Indeks DAX Jerman memimpin kenaikan di antara bursa utama, melonjak lebih dari 2,5 persen. Pergerakan indeks bursa Eropa lainnya seperti  indeks CAC 40 Prancis naik 2,04 persen sementara FTSE 100 Inggris naik 2,13 persen.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, setelah Washington dan Beijing secara efektif setuju untuk menghentikan perang dagang mereka dan bekerja menuju pakta yang lebih komprehensif.

Sebagai informasi, perdagangan sebelumnya di Asia sedang reli, dengan indeks acuan di Australia, Cina, Hong Kong, Jepang dan Korea Selatan naik 1-3 persen. Dan perdagangan saham bursa Eropa akhir pekan lalu  sedikit lebih rendah dengan Indeks Eropa Stoxx 600 Eropa melemah 0,2 persen. Indeks DAX Jerman turun 0,4 persen, indeks CAC 40 Perancis tergelincir 0,1 persen dan FTSE 100 Inggris turun 0,8 persen.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here