Pasar Eropa Menguat, Tunggu Data IMP Pagi Ini Waktu London

456

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa rally Senin pagi, setelah Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping menegosiasikan gencatan senjata sementara untuk konflik perdagangan mereka selama ini.

Stoxx 600 pan-Eropa naik lebih dari 2 persen selama transaksi pagi, dengan semua sektor berada di wilayah positif. Indeks DAX Jerman memimpin kenaikan di antara bursa utama, melonjak lebih dari 2,5 persen pada Senin pagi.

Saham sumber daya dasar Eropa – dengan eksposur terbesar ke China – melonjak lebih dari 5 persen tak lama setelah bel pembukaan bursa, karena investor bereaksi terhadap gencatan senjata pada tarif antara Washington dan Beijing. Harga saham Antofagsta, Glencore dan Anglo American semuanya diperdagangkan lebih tinggi 6 persen.

Sementara itu, harga saham perusahaan farmasi yang berbasis di Belanda, Argenx, naik ke atas patokan Eropa. Saham grup ini melonjak 13 persen setelah Argenx mengumumkan akan memasuki kerjasama global eksklusif dan perjanjian lisensi dengan Cilag, afiliasi dari Jansen. Kesepakatan dilaporkan berpotensi bernilai $ 1,6 miliar.

Sementara itu, perusahaan Belanda Signify tergelincir ke bagian bawah indeks, setelah J.P. Morgan merevisi rekomendasi sahamnya menjadi “underweight” Senin pagi. Harga saham perusahaan ini turun lebih dari 2 persen di bursa saham Amsterdam.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, setelah Washington dan Beijing secara efektif setuju untuk menghentikan perang dagang mereka dan bekerja menuju pakta yang lebih komprehensif. Trump dan Xi mencapai gencatan senjata selama jamuan makan malam di Buenos Aires pada Sabtu malam.

Selama 90 hari ke depan, pejabat Amerika dan China akan terus bernegosiasi tentang perselisihan yang berlarut-larut selama ini terutama berkaitan degan produk-produk teknologi, kekayaan intelektual dan pertanian.

Kemajuan pada perdagangan Sino-AS memberikan pasar negara berkembang dan mata uang yang terpapar perdagangan dengan dorongan yang sangat dibutuhkan pada Senin pagi.

Di Asia, indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik, kecuali Jepang, naik hampir 2 persen di tengah berita.

Kembali ke pasar Eropa, investor cenderung berhati-hati untuk bereaksi terhadap data IMP manufaktur Markit zona euro untuk November yang akan dirilis sekitar pukul 09:00 pagi waktu London.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here