Gencatan Senjata Perdagangan Temporer Memberikan Tambahan Dorongan Terhadap Resiko

411

(Vibiznews-Forex) Hanya beberapa hari setelah Gubernur Fed Jerome Powell tanpa terduga memberikan signal bahwa Federal Reserve berbalik “dovish”, investor menerima berita positip lainnya pada akhir minggu setelah gencatan senjata temporer antara Washington dan Beijing mengenai ketegangan perdagangan diumumkan setelah pertemuan tingkat tinggi G-20 di Argentina.

Makan malam dua jam antara otoritas senior dari Amerika Serikat dan Cina termasuk Presiden Trump dan Presiden Xi, yang membawa kepada pengumuman mengenai gencatan senjata perdagangan temporer adalah hal yang lebih penting daripada komunike G20 yang hanya menyatakan bahwa WTO perlu direformasi untuk memperbaiki fungsinya.

Apa yang disampaikan setelah makan malam bukanlah merupakan suatu “breakthrough”, bukan juga solusi jangka panjang untuk suatu perang dagang yang sedang berjalan, melainkan hanya suatu jendela 90 hari untuk memperbaiki relasi.

Introduksi mengenai tarif baru sekarang dimasukkan kedalam laci, dan pembicaraan mengenai perdagangan akan meningkat selama tiga bulan yang akan datang. Hasil ini nampaknya merupakan sesuatu yang optimis dari kedua pemimpin dan lebih daripada yang diperhitungkan dalam harga pasar sebelumnya, berarti hal ini cukup untuk mendorong sentimen dan hidupnya resiko perdagangan.

Saham-saham Cina naik lebih dari 3% dan S&P 500 berjangka naik 1.7%. Sementara pergerakan naik kelihatannya sedang menguasai, para investor perlu tahu bahwa apa yang telah dicapai hanyalah kelegaan jangka pendek terhadap pasar. Apakah hal ini akan ditranslasikan menjadi kemajuan jangka panjang bergantung pada jalannya negosiasi selama tiga bulan ke depan. Saat ini satu rintangan sudah di singkirkan, tetapi resiko jangka penjang tetap ada.

Permintaan akan asset yang lebih beresiko mengirim dolar AS turun terhadap kebanyakan matauang di negara berkembang maupun negara maju. Indeks dolar AS jatuh kembali kebawah 97 dengan matauang yang berbasis komoditi, AUD & CAD menjadi yang terbaik proformanya.

Apabila penurunan indeks dolar AS berhasil menembus 96.26, maka akan lanjut ke 96.14 dan diakhiri dengan “support’ di 96.04. Sementara, arah sebaliknya akan berhadapan dengan “resistance” di 97.43 dan 97.67 serta 98.03

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here