Bursa Eropa Awal Pekan Kembali Merugi

598

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa hari Senin (10/12) ambruk di tengah kekhawatiran atas melambatnya pertumbuhan ekonomi dan kekhawatiran munculnya ketegangan baru antara dua ekonomi terbesar dunia AS -China. Investor semakin khawatir tentang kemungkinan perlambatan ekonomi, tak lama setelah AS, China dan Jepang semua melaporkan data ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan.

Sentimen pasar dari perdagangan AS-China, diberitakan  Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer hari inggu (9/12) mengatakan  bahwa pembicaraan antara kedua belah pihak harus mencapai akhir yang sukses pada 1 Maret, menyusul komentar yang saling bertentangan tentang apakah tenggat waktu yang  telah disetujui.

Indeks Eropa Stoxx 600 turun sekitar 0,6 persen  dengan semua sektor dan bursa utama di wilayah negatif. Indeks bursa utama lainnya seperti indeks DAX Jerman bergerak turun 0,71 persen, indeks CAC 40 Prancis anjlok 0,69 persen dan FTSE 100 Inggris melemah 0,38 persen.

Sebagai informasi pasar Eropa akhir pekan bangkit memulihkan beberapa penurunan  setelah merosot ke level terendah dalam dua tahun di sesi sebelumnya pada kekhawatiran pertumbuhan dan perdagangan  jatuh pada hari sebelumnya dengan mencatatkan kerugian satu hari terburuk mereka dalam 2-1/2 tahun. Indeks Eropa Stoxx 600 menukik 3,1 persen. Indeks DAX Jerman jatuh 3,5 persen, indeks CAC 40 Prancis anjlok 3,3 persen dan FTSE 100 Inggris turun 3,2 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here