Alasan Dipulihkannya Harga Minyak di Amerika

382

(Vibiznews – Commodity) – Setelah pada perdagangan sesi Eropa harga minyak pada perdagangan komoditas  hari Selasa (11/12) merosot, pada sesi Amerika berhasil ditinggikan oleh  upaya pemulihan kecil. Harga minyak mentah dunia bangkit kembali oleh sedikit melemahnya dolar AS, kekuatan sederhana dalam saham global serta  pemutusan pasokan yang tidak direncanakan oleh Libya pasca pengumuman Force Major.memberikan dukungan.dari 3% kerugian sehari sebelumnya oleh ketegangan politik Eropa dan kekhawatiran pertumbuhan global.

Namun pasar tetap waspada apakah pemotongan output OPEC yang diumumkan Jumat lalu akan dapat mendukung harga dan membantu menstabilkan pasar minyak. Investor meragukan 1,2 juta barel  penurunan produksi OPEC tidak akan cukup untuk membendung gelombang barel minyak mentah yang keluar dari AS, yang memilih untuk tidak mengikuti rencana OPEC untuk memotong produksi.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik 2,45 persen, di $ 52,27 per barel . Demikian juga dengan harga minyak mentah Brent, patokan internasional untuk harga minyak dunia turun 1,53 persen  menjadi $ 60,86 per barel.

Perusahaan Minyak Nasional Libya (NOC) mengumumkan force majeure pada ekspor dari ladang minyak El Sharara, yang disita pada akhir pekan oleh kelompok milisi lokal. Selanjutnya fokus pasar sekarang tetap pada data persediaan minyak mentah mingguan AS yang akan dirilis oleh American Petroleum Institute (API) yang akan menawarkan kenaikan harga.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here