Pertumbuhan Upah Oktober Inggris Naik Tertinggi 10 Tahun

670

(Vibiznews – Economy & Business) Angka pasar tenaga kerja Inggris pada Selasa menggambarkan pertumbuhan upah dasar dipercepat ke dekat 10 tahun tinggi antara Agustus dan Oktober.

Penghasilan rata-rata tidak termasuk bonus 3,3 persen lebih tinggi dalam tiga bulan hingga Oktober dibandingkan tahun sebelumnya. Itu adalah yang tercepat sejak akhir 2008. Para ekonom memperkirakan percepatan lebih lanjut karena kekurangan tenaga kerja memaksa pengusaha menaikkan tarif gaji untuk merekrut dan mempertahankan staf.

Pengangguran naik 20.000 karena kegiatan ekonomi jatuh, meninggalkan tingkat pengangguran di 4,1 persen. Jumlah orang yang bekerja meningkat 79.000 ke rekor 32,5 juta, tingkat 75,7 persen. Penciptaan pekerjaan didorong oleh pekerjaan karyawan penuh waktu, daripada pekerjaan paruh waktu dan wiraswasta yang kurang aman.

Total pertumbuhan pendapatan rata-rata dipercepat menjadi 3,3 persen tahunan dalam tiga bulan hingga Oktober, terbesar sejak Juli 2008. Upah dasar naik paling cepat di sektor swasta (3,4 persen versus 2,7 persen untuk pekerja pemerintah).

Dalam tanda permintaan tenaga kerja, jumlah jam kerja naik 1,1 persen. Lowongan naik 10.000 dalam tiga bulan hingga November untuk berdiri di dekat rekor tertinggi.

Dalam keadaan normal, Bank of England dapat diperkirakan menaikkan suku bunga untuk memerangi ancaman inflasi. Tapi dengan kekhawatiran meningkat bahwa Inggris bisa keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan dan ekonomi kehilangan momentum, para pedagang sekarang menempatkan kesempatan kenaikan pada akhir 2019 dengan kurang dari 60 persen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here