Sentimen Ekonomi Jerman Meningkat di Bulan Desember

651

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen ekonomi Jerman meningkat pada bulan Desember, lembaga penelitian ZEW mengatakan pada hari Selasa (11/12), tetapi memperingatkan bahwa pertumbuhan kuartal keempat ditetapkan untuk lemah dan memperingatkan risiko dari Brexit dan sengketa perdagangan internasional.

Indikator menunjukkan sentimen naik ke -17,5 dari -24,1 pada bulan November. Itu dibandingkan dengan perkiraan konsensus Reuters -25,0. Namun penilaian kondisi saat ini di Jerman menjadi suram menjadi 45,3 dari 58,2.

Sinyal campuran datang sebagai tanda-tanda klaster mendekati akhir untuk boom satu dekade di pembangkit tenaga listrik ekspor Eropa, yang akan sangat rentan jika ketegangan antara Washington dan Beijing tumbuh menjadi perang dagang besar-besaran.

“Penilaian situasi ekonomi telah memburuk secara dramatis untuk Jerman dan zona euro. Ini merupakan indikasi pertumbuhan ekonomi yang relatif lemah pada kuartal keempat, ”demikian Achim Wambach, presiden ZEW seperti yang dilansir Reuters.

“Ketidakpastian juga tetap dalam hal perselisihan perdagangan internasional dan Brexit, yang memiliki dampak negatif terutama pada investasi swasta dan ekspor Jerman,” tambahnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here