Bursa Eropa 12/12 Kembali Cetak Untung

448

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa hari Rabu  (12/12) lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya merespon optimisnya Presiden Donald Trump kemungkinan mendapatkan kesepakatan perdagangan dengan China. Sementara itu pasar juga dibebani berita bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May akan menghadapi mosi tidak percaya dari anggota partai Konservatif sendiri.

Terpantau indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,45 persen  dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Indeks DAX Jerman bergerak naik 0,56 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,90 persen dan FTSE 100 Inggris naik 0,44 persen.

Kekuatan bursa-bursa tersebut mendapat suntikan tenaga dari lonjakan saham sumber daya dasar Eropa  dengan eksposur mereka terbesar ke China  yang naik lebih dari 1 persen setelah Trump mengatakan dia tidak akan menaikkan tarif pada produk China sampai dia yakin tentang kesepakatan.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, setelah Presiden Trump mengkonfirmasi pembicaraan antara Washington dan Beijing masih berlangsung. Selain itu juga di Eropa  secara keseluruhan tetap rapuh di tengah-tengah konflik politik yang mendalam di Inggris.

Indeks Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,92 persen  dengan semua sektor dan bursa utama di wilayah positif. Indeks bursa utama lainnya seperti indeks DAX Jerman bergerak naik 0,78 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,77 persen dan FTSE 100 Inggris naik 0,36 persen.

Sebagai informasi pasar Eropa hari Selasa (11/12)  berakhir lebih tinggi berkat data ekonomi Jerman yang positif dan optimisme baru tentang pembicaraan perdagangan antara AS dan China. Indeks DAX Jerman naik 1,49 persen dan CAC Prancis naik 1,35 persen, sementara FTSE 100 AS naik 1,27 persen.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here