Pasar Eropa Bergerak Naik, Diangkat Sikap Optimis Trump Dan Ditengah Gejolak Politik Di Inggris

504

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Rabu pagi, karena Presiden Donald Trump mengatakan dia optimis tentang kemungkinan mendapatkan kesepakatan perdagangan dengan China. Sementara itu, sterling dibebani berita bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May akan menghadapi mosi tidak percaya dari anggota partainya sendiri yaitu Patai Konservatif.

Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,45 persen selama transaksi pagi, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di wilayah positif.

Harga saham sektor sumber daya dasar Eropa – dengan eksposur mereka yang besar ke China – berkinerja teratas Rabu pagi, naik lebih dari 1 persen setelah Trump mengatakan dia tidak akan menaikkan tarif pada produk China sampai dia yakin tentang kesepakatan yang akan ditandatangani berasama. Saham-saham dari Grup BHP, ArcelorMittal dan Rio Tinto semuanya diperdagangkan naik, lebih dari 1,3 persen.

Harga saham Colruyt melonjak ke arah atas patokan Eropa selama transaksi pagi setelah Kepler Cheuvreux menaikkan target harga untuk saham. Harga saham perusahaan yang terdaftar di Brussels ini naik hampir 8 persen di berita.

Sementara itu, Bank Metro Inggris jatuh ke bagian bawah indeks setelah Citi memotong rekomendasi sahamnya menjadi “netral.” Harga saham perusahaan ini turun lebih dari 6 persen selama transaksi awal.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, setelah Trump mengkonfirmasi pembicaraan antara Washington dan Beijing masih berlangsung.

Dalam wawancara dengan Reuters pada hari Selasa, Trump juga mengatakan dia akan campur tangan dalam kasus Departemen Kehakiman melawan seorang eksekutif puncak di raksasa telekomunikasi Cina Huawei jika itu akan membantu melayani kepentingan keamanan nasional atau membantu pembicaraan perdagangan antara AS-China.

Komentar Trump pada kesepakatan potensial dengan China mendukung keuntungan di pasar ekuitas global setelah beberapa hari mengalami kerugian, dengan indeks MSCI Asia Pasifik, kecuali Jepang, naik 1,2 persen pada hari Rabu.

Kembali di Eropa, sentimen secara keseluruhan tetap rapuh di tengah-tengah kerusuhan politik yang mendalam di Inggris. yang datang sebagai reaksi terhadap kepemimpinan May tumbuh ketika ia mencoba untuk menyelamatkan kesepakatan Brexit-nya.

Brexiteers dalam partainya telah mencapai ambang dukungan yang mereka butuhkan untuk memicu mosi tidak percaya pada perdana menteri, menurut Graham Brady, ketua Komite Partai Konservatif tahun 1922, sekelompok anggota parlemen yang berpengaruh ada di belakang (parlemen).

Pemungutan suara dijadwalkan berlangsung Rabu malam antara jam 6:00 sore. dan jam 8 malam waktu London.

Sterling berada di sekitar 1,2525 melawan dolar AS pada sekitar pukul 6:35 pagi waktu London, telah turun hampir 2 persen selama minggu perdagangan ini.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here