Reksadana Indeks dan ETF Mencetak Rekor Jumlah Terbanyak Tahun Ini

587

(Vibiznews – Bonds & Mutual Fund) – Di tahun ini investor mulai banyak yang berinvestasi di instrumen reksadana khususnya reksadana indeks. Perlu diketahui, penerbitan produk reksadana indeks dan exchange traded fund (ETF) di tahun ini mencetak rekor jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan penerbitan kedua jenis reksadana tersebut di tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang dirilis Infovesta Utama per Senin (10/12), di tahun 2018 tercatat ada 22 produk reksadana berjenis indeks dan ETF baru yang dirilis para manajer investasi. Kenaikan ini merupakan tren tertinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sementara jika dibandingkan dengan jumlah produk baru yang diluncurkan pada tahun 2017 sebanyak 12 produk. Angka ini pun telah naik dari empat produk  di tahun 2016 dan satu produk baru di 2015.

Meningkatnya pertumbuhan jumlah produk reksadana indeks dan ETF baru di tahun ini dipicu dari meningkatnya minat manajer investasi untuk menerbitkan produk berjenis indeks dan ETF. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah manajer investasi yang ikut berkontribusi dalam penerbitan kedua jenis reksadana tersebut.

DI tahun ini, Infovesta mencatat terdapat 16 manajer investasi yang merilis produk reksadana indeks dan ETF. Jumlah ini meningkat drastis bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pada 2017 paling banyak hanya delapan manajer investasi yang ikut berkontribusi dalam menerbitkan reksadana indeks dan ETF.

 

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor: Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here