ECB Pertahankan Suku Bunga, Akhiri Pembelian Obligasi

846

(Vibiznews – Economy & Business) Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan acuan suku bunga refinancing pada 0 persen pada 13 Desember dan mengkonfirmasi akhir dari skema pembelian obligasi € 2,6 triliun akhir bulan ini, sementara itu akan terus menginvestasikan kembali uang tunai dari obligasi jatuh tempo untuk jangka waktu yang panjang.

Para pembuat kebijakan juga menegaskan bahwa mereka memperkirakan suku bunga utama untuk tetap berada pada rekor tingkat terendah setidaknya sampai musim panas 2019.

Pada pertemuan hari ini Dewan Pengatur Bank Sentral Eropa (ECB) memutuskan bahwa suku bunga pada operasi refinancing utama dan suku bunga pada fasilitas pinjaman marjinal dan fasilitas deposit akan tetap tidak berubah masing-masing pada 0,00%, 0,25% dan -0,40%.

Dewan Pengatur mengharapkan suku bunga utama ECB untuk tetap pada tingkat saat ini setidaknya melalui musim panas 2019, dan dalam hal apapun selama diperlukan untuk memastikan berlanjutnya konvergensi inflasi berkelanjutan ke tingkat yang di bawah, tetapi dekat dengan 2% dalam jangka menengah.

Mengenai langkah-langkah kebijakan moneter non-standar, pembelian bersih di bawah program pembelian aset (APP) akan berakhir pada bulan Desember 2018. Pada saat yang sama, Dewan Pengatur meningkatkan panduan ke depannya tentang reinvestasi. Dengan demikian, Dewan Pengatur bermaksud untuk terus menginvestasikan kembali, secara penuh, pembayaran pokok dari sekuritas yang jatuh tempo yang dibeli di bawah APP untuk jangka waktu yang panjang setelah tanggal ketika mulai menaikkan suku bunga utama ECB.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here