Keuntungan Bursa Eropa Dipangkas Kebijakan ECB

636

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa hari Kamis  (13/12) dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya di tengah tanda-tanda pendinginan ketegangan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia AS-China. Namun beberapa saat pasar dibuka indeks bursa utama retreat.

Terpantau indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun  sekitar 0,30 persen  dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah negatif. Indeks DAX Jerman bergerak turun 0,34 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,30 persen dan FTSE 100 Inggris tetap naik 0,03 persen.

Indeks perbankan Eropa adalah pelaku teratas dalam transaksi awal, naik lebih dari 1,4 persen dengan pelaku pasar secara luas mengharapkan Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan akhir pelonggaran kuantitatif (QE) di sesi selanjutnya.

Berbalik merahnya indeks bursa dikarenakan kehati-hatian pasar hasil pertemuan kebijakan ECB yang siap untuk mengakhiri program pembelian obligasi era krisis setelah hampir empat tahun. Pemberi pinjaman Eropa umumnya bersikap kritis terhadap program QE bank sentral, dengan alasan itu memiliki dampak negatif pada pendapatan bunga bersih mereka.

Sebagai informasi pasar Eropa hari Rabu (13/12)  sebagian besar  berakhir dengan kenaikan yang mengesankan. Di antara indeks utama, DAX Jerman naik 1,38 persen dan CAC dari Prancis naik 2,15 persen. FTSE 100 dari Inggris memperoleh 1,08 persen dan SMI Swiss berakhir lebih tinggi dengan 1,68 persen.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here