Banyak Saham Minyak Dijual di Bursa Eropa 18/12

596

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa  hari Selasa (18/12) kembali dibuka lebih rendah  di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global. Perdagangan bursa saham global sedang buntung sejak anjlok parah perdagangan saham Wallstreet semalam dan diikuti oleh saham Asia.

FTSE 100 dibuka 0,4 persen lebih rendah, CAC dibuka turun sekitar 0,6 persen, sementara DAX dibuka 0,3 persen lebih rendah, menurut IG. Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,3 persen di tempat terbuka.

Terpantau indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,3 persen dengan mayoritas sektor di wilayah negatif. Indeks DAX Jerman bergerak turun 0,22 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,72 persen dan FTSE 100 Inggris  turun 0,85 persen.

Melihat saham sektoral,  saham sektor migas mengalami kerugian  dengan sektor turun 1,4 persen. Sedangkan sektor saham yang alami keuntungan yaitu sektor perjalanan & rekreasi naik sekitar 0,18 persen.

Fokus sentimen pasar sebagian besar selaras dengan pandangan pertumbuhan global yang semakin gelap, menyusul banyaknya laporan ekonomi yang lamban. Dan baru saja dilaporkan sentimen bisnis di Jerman oleh IFO yang lebih rendah dari periode sebelumnya dan juga ekspektasi.

Sementara itu berita Brexit terakhir, Perdana Menteri Inggris Theresa Mei mengumumkan  suara parlemen pada kesepakatan Brexit akan berlangsung pada minggu ketiga Januari. Hal ini mendorong pemimpin oposisi Inggris, Jeremy Corbyn yang menunjukkan mosi tidak percaya pada Theresa May, mengatakan tidak dapat diterima parlemen menunggu satu bulan lagi untuk memilih kesepakatan.

Sebagai informasi pasar Eropa awal pekan (17/12)  anjlok parah karena kekhawatiran pertumbuhan global juga. Indeks Eropa Stoxx 600 Eropa anjlok 1,1 persen. Indeks DAX Jerman turun 0,9 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis dan FTSE 100 Inggris keduanya melemah sekitar 1,1 persen..

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here