Harga Emas Naik Karena Kenaikan Harga Minyak dan Turunnya Indeks USD

371

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak berjangka naik sedikit pada awal perdagangan sesi AS hari Senin kemarin, didukung sebagian oleh melemahnya indeks dolar AS dan naiknya harga minyak mentah. Indeks dolar AS melemah karena tarikan koreksi setelah menyentuh keketinggian hampir dua tahun pada hari Jumat minggu lalu. Sementara, harga minyak mentah Nymex menguat dan diperdagangkan disekitar $51.50 per barel.

Emas berjangka bulan Februari terakhir diperdagangkan naik $2.20 per ons pada $1,243.70. Perak Comex bulan Maret naik $0.048 pada $14.685 per ons.

Pada minggu ini banyak “event” yang akan berlangsung. Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) akan bertemu pada hari Selasa dan Rabu untuk mendiskusikan kebijakan moneter, sementara operasi pemerintah AS bisa ditutup ditutup pada akhir minggu ini jika Kongres dan Presiden Trump tidak bisa mendapatkan kesepakatan mengenai rencana budget. Kebanyakan orang memperkirakan FOMC akan memutuskan untuk menaikkan tingkat bunga sebesar 0.25% pada hari Rabu sore, pada konklusi akhir dari pertemuan mereka. Pemerintah Cina pada minggu ini juga akan mengumumkan inisiatif ekonomi yang mayor yang baru untuk menstimulir ekonomi negara terbesar kedua ini. Bank sentral Cina melakukan suntikan uang yang tidak terduga kedalam sistem kuangan pada hari Senin kemarin. Data-data ekonomi AS yang besar juga akan keluar pada akhir dari minggu ini, termasuk perkiraan pertama dari GDP kuartal ketiga.

Pasar saham Asia & Eropa semalam bercampur. Indeks saham AS dengan mantap menuju ke pembukaan yang bercampur ketika sesi New York dimulai.

Secara tehnik, kenaikan emas secara keseluruhan masih memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek. Obyektif dari kenaikan harga berikutnya adalah mencapai resistan pada ketinggian bulan Desember di $1,256.60. Sedangkan obyektif dari penurunan jangka pendek adalah mendorong harga kebawah “support” tehnikal yang solid di $1,220.00. Resistance pertama adalah ketinggian pada hari Jumat di $1,247.30 dan kemudian di $1,250.00. Support pertama adalah kerendahan semalam di $1,239.40 dan kemudian kerendahan minggu lalu di $1,236.50

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here