Investasi Yang Menguntungkan Di Akhir Tahun

693

(Vibiznews – Bonds & Mutual Funds)- Tren gaya hidup masyarakat kini berubah terutama kawula muda urban, khususnya di bulan Desember merupakan momen mereka mencari kesenangan melalui wisata, ke berbagai tujuan wisata baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, perkembangan teknologi atau pengalaman lain yang dapat meningkatkan kapasitas hidup mereka seperti investasi juga merupakan hal yang menjadi bagian dari life style mereka.

Berdasarkan informasi dari The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) menunjukkan Reksa Dana merupakan salah satu investasi pilihan masyarakat muda guna membeli rumah, kendaraan, biaya pendidikan, dana darurat, dan juga persiapan dana pensiun. Hal ini menunjukkan bahwa sudah ada kesadaran dari masyarakat muda tentang pentingnya investasi, bahkan jika perlu harus dijadikan sebagai gaya hidup, yang tentunya akan diupayakan sebagai berkelanjutan dari hasil investasi tersebut.

Reksa Dana memiliki berbagai jenis yaitu Reksa Dana Pasar Uang untuk kebutuhan likuiditas jangka pendek, Reksa Dana Pendapatan Tetap untuk kebutuhan jangka menengah, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Pasar Saham untuk mereka yang memiliki rencana jangka panjang. Barangkali di akhir tahun umumnya investor lebih memilih menikmati hasil investasi untuk berlibur dan semacamnya, tapi sudah pernahkah melakukan pembelian Reksa Dana Saham di bulan Desember? Jika belum, sebaiknya mencoba membeli Reksa Dana Saham sebab berdasarkan data Bloomberg 10 tahun terakhir, pertumbuhan return Reksa Dana Saham pada bulan Desember menunjukkan performa yang baik.

Mengapa demikian?

Karena di akhir tahun, ada sebuah fenomena di pasar modal yang bernama window dressing dimana terdapat kecenderungan harga saham selalu meningkat di akhir tahun. Hal ini juga terjadi dalam dunia usaha, di mana laporan keuangan di akhir tahun diupayakan bagus sehingga berbagai perusahaan berupaya  meningkatan penjualan dengan cara memberikan diskon/promo besar-besaran sehingga tingkat penjualan meningkat drastis dan hal inilah yang menjadi salah satu alasan penguatan harga saham. Pembelian masyarakat yang melonjak bisa dianggap pertanda bahwa perekonomian negara sedang baik secara keseluruhan.  Tak heran jika Reksa Dana Saham paling bagus di bulan ini. Namun perlu diingat timing pembelian Reksa Dana Saham untuk tujuan investasi sebaiknya dilakukan secara berkala, untuk mengantisipasi pergerakan naik turunnya harga volatilitas di pasar modal.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here