Bursa Asia Awal Pekan Sebagian Merugi dan Sepi

584

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham Asia berhati-hati dalam perdagangan awal pekan hari Senin(24/12) menyusul gejolak pasar Amerika Serikat yang terjadi pekan lalu. Sebagian besar indeks saham utama alami pergerakan yang kurang menguntungkan kecuali bursa Australia dan Shanghai. Perdaganganpun cenderung sepi dikarenakan bursa Jepang libur dan bursa Australia tutup setengah hari.

Indeks Kospi di bursa saham Korea Selatan memangkas beberapa kerugian sebelumnya dengan penurunan 0,14 persen, tertekan kuat oleh anjloknya saham industri kelas berat Samsung Electronics yang menurun 0,26 persen.

Indeks ASX 200 di bursa saham Australia, yang ditutup setengah hari menjelang liburan Natal  pulih dari beberapa kerugian sebelumnya dengan kenaikan sekitar 0,3 persen. Penopang kuatnya indeks oleh mantapnya pergerakan saham sektor perdagangan dengan lebih tinggi.

Perdagangan bursa saham China mixed, dimana saat pembukaan indeks Komposit Shanghai tergelincir sekitar 0,2 persen namun bergerak kuat kembali sementara itu indeks komposit Shenzhen naik 0,608 persen. Demikian juga indeks Hang Seng Hong Kong turun sekitar 0,9 persen karena anjloknya saham raksasa teknologi China Tencent merosot 1,59 persen.

 

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here