Perdagangan Saham Asia Akhir Tahun 2018 Berakhir, Hangseng dan ASX Untung

487

(Vibiznews – Index) – Melihat perdagangan bursa saham kawasan Asia akhir tahun hari Senin (31/12) banyak bursa saham yang tutup karena libur akhir tahun kecuali bursa saham Australia dan Hongkong yang masih buka. Kedua bursa tersebut dibuka dengan indeks yang menguat dari perdagangan sebelumnya.

Perdagangan saham di bursa Australia meningkat dalam sesi perdagangan yang diper pendek  memperpanjang kenaikan dari sesi sebelumnya meskipun ada isyarat beragam dari Wall Street pada akhir pekan lalu. Optimisme tentang hubungan perdagangan AS-China mendorong sentimen.

Indeks ASX200 di bursa saham Australia  naik sekitar 0,7 persen dengan hampir semua sektor alami kenaikan. Sektor Material Down Under naik lebih dari 0,9 persen, karena saham penambang utama naik seperti saham Rio Tinto naik 1,22 persen, Fortescue naik 1,45 persen dan BHP Billiton naik 1,35 persen.

Indeks tetap menguat sekalipun terdapat sentimen negatif dari laporan kalender ekonomi China dimana indeks yang mengukur aktivitas manufaktur China pada bulan Desember berkontraksi lebih dari yang diharapkan. PMI manufaktur China  berada di 49,4 – lebih rendah dari 49,9  yang diharapkan. Itu lebih buruk daripada  bulan sebelumnya yaitu 50,0.

Demikian juga perdagangan saham di bursa Hong Kong, indeks Hang Seng naik lebih dari 1,1 persen Pasar Hong Kong akan ditutup lebih awal  karena masuk liburan Tahun Baru.

Berita tentang hubungan dagangan AS-China yang memberikan sentimen positif oleh cuitan Presiden AS Donald Trump melalui Twitter  bahwa komunikasi yang panjang dan sangat baik telah terjadi antara dirinya dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Dalam postingan itu, Trump juga mengatakan: “Kesepakatan berjalan dengan sangat baik. Jika dibuat, itu akan sangat komprehensif, mencakup semua subjek, area, dan titik perselisihan. Kemajuan besar sedang dibuat!”

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here