Emas Naik Karena Pembelian Secara Tehnikal & Melemahnya Dolar AS

410

(Vibiznews-Commodity) Harga emas membukukan keuntungan yang bagus pada awal perdagangan sesi AS pada hari Senin kemarin, didukung oleh minat beli berdasarkan grafik dengan “bullish”nya postur tehnikal jangka pendek untuk metal kuning. Melemahnya indeks dolar AS pada hari Senin kemarin juga bekerja menyokong kenaikan pasar metal berharga.

Emas berjangka bulan Februari terakhir naik $8.30 per ons di $1,294.10. Perak Comex bulan Maret naik $0.059 di $15.845 per ons.

Pasar saham Eropa kebanyakan melemah semalam, tetapi saham Asia kebanyakan naik. Indeks saham AS pada pembukaan bercampur ketika sesi perdagangan New York dimulai, karena tarikan koreksi atas keuntungan yang kuat yang dibukukan pada hari Jumat minggu lalu.

Sikap para investor dan trader umumnya positif memulai minggu perdagangan yang baru, menyusul keuntungan yang besar di Wall Street pada hari Jumat minggu lalu setelah rilis laporan tenaga kerja hari Jumat pagi. Gubernur Federal Reserve Jerome Powell juga membuat komentar pada hari Jumat bahwa level inflasi AS tidaklah problematic dan bahwa the Fed akan flexible di dalam kebijakan moneternya, yang juga meredakan pasar. Amerika Serikat dan Cina sedang mengadakan pembicaraan perdagangan dengan tatap muka di Cina dimulai dari sejak hari Senin kemarin, ditengah optimisme bahwa kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini akan membuat kemajuan di dalam perselisihan perdagangan utama mereka.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,300.00 yang apabila berhasil ditembus akan menuju ke $1,310.00. Sebaliknya apabila turun, “support” terdekat berada pada $1,284.10 yang apabila tertembus akan lanjut ke $1,278.10 dan akhirnya $1,260.00.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here