EUR/USD Pulih Dengan Wall Street Meningkat Lagi

358

(Vibiznews-Forex) Sentimen yang positip mengudara dengan indeks saham AS pulih kembali setelah kejutan yang singkat, mendukung naik matauang bersama Eropa. Data Jerman yang lemah merintangi kenaikan namun kesempatan untuk mengetest 1.1500 masih tinggi.

Dolar AS mendapatkan perhatian dari pasar karena laporan yang mengindikasikan kemajuan di dalam pembicaraan perdagangan AS dengan Cina, walaupun berita yang memberikan semangat ini juga mengirim pasar saham naik lebih tinggi, dengan demikian menghilangkan potensi kenaikan dolar AS.

Matauang bersama Eropa menderita pukulan karena data ekonomi Jerman yang lemah, dengan  German Industrial Production jatuh di bulan November sebanyak 1.9% dibandingkan dengan yang diperkirakan kenaikan sebanyak 0.3%, sementara apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terjadi penurunan sebanyak 4.7%. Selain itu, Economic Sentiment Indicator Uni Eropa jatuh ke 107.3 di bulan Desember, turun dari 109.5 pada bulan November, sementara Consumer Confidence tetap mantap di -6.2.

Amerika Serikat merilis hanya angka-angka yang minor, dengan lebih banyak data yang dibatalkan karena penutupan sebagian operasi pemerintah. Menurut Bureau of Labor Statistics, angka “Jobs Opening” turun menjadi 6.9 juta pada bulan November namun laporan yang kuat dari Nonfarm Payroll yang dirilis pada hari Jumat minggu lalu mengatasi kemungkinan efek negatif dari angka tersebut.

Lebih banyak data dari Jerman akan keluar pada hari Rabu ini dengan negara ini akan merilis data Neraca Perdagangan untuk bulan November, sementara Uni Eropa akan mengeluarkan risalah pertemuan ECB yang terbaru dan tingkat pengangguran bulan November.

Saat ini EUR/USD diperdagangkan disekitar 1.1457. Apabila naik maka akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1495 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1530 dan 1.1560. Sebaliknya apabila turun, akan bertemu dengan “support” terdekat di 1.1425 yang apabila tertembus akan lanjut ke 1.1380 dan 1.1335.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here