Pembukaan Bursa Saham Amerika Awal Pekan Terpukul

497

(Vibiznews – Index) – Mengawali perdagangan pekan ini, perdagangan saham di bursa Amerika jatuh pada hari Senin (14/01) dipimpin oleh anjloknya saham sektor teknologi pasca laporan pendapatan perusahaan. Kekhawatiran atas perlambatan ekonomi di China juga mengurangi sentimen untuk memulai perdagangan minggu ini.

Indeks Dow Jones  turun 87 poin yang ditekan kuat oleh anjloknya saham Merck dan Apple. Indeks S&P 500 turun 0,5 persen, dipimpin oleh kerugian saham sektor teknologi dan utilitas. Demikian juga indeks Nasdaq Composite turun 0,9 persen.

Saham Facebook, Amazon, Apple, Netflix dan Alphabet semuanya diperdagangkan turun setidaknya 1 persen. Sektor teknologi S&P 500 juga turun 1 persen. Keuntungan perusahaan tumbuh secara besar-besaran dalam tiga kuartal pertama tahun lalu, meningkat setidaknya 25 persen pada periode waktu tersebut.

Kalender musim laporan pendapatan kuartal keempat tahun 2018 dimulai pada hari Senin, dengan Citigroup melaporkan pendapatan yang lebih kuat dari yang diperkirakan. Namun, bank juga mengatakan pendapatan perdagangan pendapatan tetap turun 21 persen.

Tekanan indeks juga datang dari kekhawatiran investor  setelah data terbaru keluar pada Senin pagi menunjukkan ekspor dan impor Desember turun secara tak terduga di China. Angka-angka ini memperdalam kekhawatiran perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Perdagangan di wall Street malam ini terjadi profit taking setelah perdagangan akhir pekan lalu membukukan kenaikan mingguan kuat dengan Dow Jones dan S&P 500 juga mencatat tiga minggu kemenangan beruntun.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here