Inflasi Jerman Akhir Tahun 2018 Merosot; Secara Tahunan Meningkat

586

(Vibiznews – Economy & Business) Harga konsumen di Jerman naik hampir 2% secara tahunan, tetapi turun tajam pada bulan terakhir 2018, Kantor Statistik Federal Jerman mengatakan pada Rabu (16/01).

Indeks harga konsumen yang diukur berdasarkan standar yang diharmonisasi UE, atau HICP, untuk bulan Desember dikonfirmasi telah naik 0,3% pada bulan dan 1,7% pada tahun, dengan angka CPI sementara diverifikasi pada 0,1% pada bulan dan 1,7% pada tahun.

Menurut Destatis, kenaikan 4,9% dalam harga produk energi adalah faktor utama yang mendorong pertumbuhan harga konsumen hingga 1,9% tahun lalu dari 1,8% pada tahun 2017 – baik dalam standar yang diharmonisasikan dan standar nasional UE.

Selain energi, harga makanan juga melonjak tajam pada 2018 dengan kenaikan 2,5%, diikuti oleh barang-barang, yang mencatat kenaikan harga 2,2%, kata Destatis.

Data inflasi datang sebagai serangkaian rilis ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan meningkatkan kekhawatiran tentang ekonomi terbesar zona Eropa.

Statistik menunjukkan bahwa Jerman mencatat tingkat pertumbuhan tahunan paling lamban sejak 2013 tahun lalu, sementara produksi industri merosot pada November untuk bulan kedua berturut-turut, meskipun Destatis mengatakan Selasa bahwa ekonomi kemungkinan nyaris lolos dari resesi teknis.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here