Profit Taking Menyerang Sebagian Bursa Eropa 16/01

429

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham di bursa utama  kawasan Eropa hari Rabu (16/01) alami profit taking setelah awal perdagangan dibuka melanjutkan performa yang menguntungkan perdagangan sebelumnya pasca  anggota parlemen Inggris memberikan suara menentang kesepakatan Brexit dari Perdana Menteri Theresa May dengan selisih yang besar.

Indeks Stoxx Europe 600 naik sekitar 0,3 persen selama transaksi dini hari, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Indeks DAX Jerman turun 0,12 persen, indeks FTSE 100 di AS turun 0,11 persen. Namun indeks CAC 40 Perancis masih menguat dengan kenaikan 0,31 persen.

Penguatan indeks sempat disupport oleh kuatnya saham sumber daya dasar Eropa yang naik hampir 1 persen. Itu terjadi setelah pejabat China berencana memberikan stimulus untuk menstabilkan ekonomi yang sedang lemah. Saham Norsk Hydro adalah pemain sektoral teratas, setelah otoritas negara Brazil mengangkat embargo produksi pada salah satu kilang aluminiumnya.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan ketidakpastian politik di Inggris, dengan investor mengalihkan perhatian mereka ke mosi ketidakpercayaan pada pemerintah PM Theresa May malam ini. Pemimpin oposisi Jeremy Corbyn  menyerukan mosi tidak percaya pada pemerintah.

Sebagai informasi untuk perdagangan sebelumnya, indeks bursa Eropa mencetak keuntungan moderat  setelah Cina berjanji untuk memotong pajak dan memberikan stimulusnya. Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,4 persen dengan indeks  DAX Jerman naik tipis 0,3 persen, indeks CAC 40 Prancis naik setengah persen dan FTSE 100  bertambah 0,6 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here