Tiga Nama Terkuat Kandidat Presiden Bank Dunia, di Antaranya ex CEO Pepsi

312

(Vibiznews – Business) – Gedung Putih dikabarkan sedang mempertimbangkan beberapa nama sebagai kandidat untuk memimpin Bank Dunia (the World Bank), di antaranya adalah mantan CEO PepsiCo Inc Indra Nooyi, pejabat Kementerian Keuangan AS David Malpass dan CEO Overseas Private Investment Corp (OPIC) Ray Washburne, demikian seorang pejabat pemerintahan AS mengatakan yang dikutip Reuters hari ini (16/01).

Tiga nama tersebut muncul di permukaan, sehari setelah disebutkan bahwa putri Presiden Donald Trump, Ivanka Trump membantu memimpin dalam pencarian Presiden Bank Dunia yang baru untuk menggantikan Jim Yong Kim, yang mengundurkan diri per 1 Februari ini.

Nooyi, yang mengundurkan diri dari posisinya di Pepsi pada Oktober, Malpass, yang merupakan wakil menteri keuangan untuk urusan internasional, serta Washburne, yang telah menjadi CEO OPIC sejak Agustus 2017, adalah di antara beberapa kandidat yang sedang dipertimbangkan untuk memimpin Bank Dunia, kata pejabat itu sebagaimana dilansir Reuters (16/01).

Amerika Serikat, yang memiliki kepentingan voting di Bank Dunia, secara tradisional telah memilih pemimpin lembaga itu sejak mulai beroperasinya pada tahun 1946.

Kim secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya pada awal bulan ini untuk bergabung dengan private equity fund swasta Global Infrastructure Partners, lebih dari tiga tahun sebelum masa jabatannya berakhir pada 2022, di tengah beberapa perbedaan dengan administrasi pemerintah AS.

 

Sebelum Ivanka Trump ambil bagian menyiapkan kandidat yang bisa menggantikan peran Kim di Bank Dunia ini, sempat beredar beberapa nama kandidat, di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia. Lalu bagaimana akhirnya? Banyak pihak saat ini sedang menantikannya.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here