Suramnya Brexit Masih Merugikan Perdagangan Bursa Eropa

442

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham di bursa utama  kawasan Eropa hari Kamis (17/01) kembali dibuka negatif  di tengah meningkatnya ketidakpastian politik di Inggris dan kekhawatiran yang berkelanjutan tentang ekonomi  China yang lemah. Perdagangan sebelumnya juga indeks bursa utama Eropa dibayangi kedua sentimen diatas.

Indeks Stoxx Europe 600 turun sekitar 0,6 persen selama transaksi pagi, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah negatif. Indeks DAX Jerman turun 0,56 persen, indeks CAC 40 Perancis masih menguat dengan kenaikan 0,29 persen dan indeks FTSE 100 di AS turun 0,43 persen.

Sektor saham yang paling banyak menekan indeks yaitu saham sektor perbankan Eropa  yang turun lebih dari 1,4 persen di tengah berita laba-laba perusahaan. Bank Prancis Societe Generale melaporkan  bahwa hasil kuartal keempat akan dipengaruhi oleh kondisi pasar yang sulit dan dampak dari beberapa penjualan aset. Saham perbankan  yang terdaftar di Paris tergelincir lebih dari 3 persen merespon berita.

Melihat pergerakan saham di bursa Inggris, saham Sage Inggris melonjak hingga 8 persen menuju puncak benchmark Eropa setelah perusahaan perangkat lunak tersebut mempertahankan bisnis softwarenya setahun penuh. Sementara itu, saham ITV Inggris merosot ke bagian bawah indeks setelah Bank of America Merrill Lynch memangkas rekomendasi sahamnya menjadi  berkinerja buruk  dari  beli.  Saham perusahaan media yang terdaftar di London tersebut turun 5 persen karena berita itu.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan Brexit terbaru, setelah Perdana Menteri Theresa May memenangkan pemungutan suara tidak percaya Rabu malam. Tak lama setelah mengamankan suara yang diperlukan untuk menghindari pemilihan umum, May mendesak para pemimpin partai lainnya untuk mengadakan pembicaraan lintas partai dalam upaya untuk memecahkan kebuntuan saat ini pada kesepakatan perceraian Brexit atau plan B-nya.

Sebagai informasi untuk perdagangan sebelumnya, indeks bursa Eropa mencetak keuntungan yang mixed  karena investor memberikan reaksi membungkam atas kekalahan RUU Brexit pemerintah Inggris  Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik setengah persen. DAX Jerman naik 0,4 persen dan indeks CAC 40 Prancis naik tipis setengah persen sedangkan FTSE 100 dari Inggris turun setengah persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here