Pembukaan Bursa Eropa Akhir Pekan Dimeriahkan Kenaikan Saham Automotif

647

(Vibiznews – Index) – Pembukaan perdagangan saham di bursa utama  kawasan Eropa akhir pekan hari Jumat (18/01)  bergerak lebih tinggi mengikuti sentimen positif bursa Asia oleh laporan kemajuan pada pembicaraan perdagangan AS-China yang dapat meningkatkan harapan terobosan dalam perselisihan jangka panjang mereka.

Indeks Stoxx Europe 600 naik sekitar 0,8 persen dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah positif. Indeks Benchmark Eropa tersebut mencapai level tertinggi sejak 5 Desember. Indeks DAX Jerman naik 1,07 persen, indeks CAC 40 Perancis masih menguat dengan kenaikan 1,23 persen dan indeks FTSE 100 di AS menguat 1,02 persen.

Secara sektoral, saham pembuat mobil seperti saham Daimler AG (Mercedez Benz) dan sumber daya dasar termasuk di antara yang memperoleh keuntungan tertinggi dikarenakan kedua sektor ini sensitif terhadap berita perdagangan AS dan China. Selain itu, saham bank-bank Eropa juga berada di wilayah positif setelah beberapa peningkatan peringkat. Seperti saham Banco Sabadell, naik sekitar 3 persen setelah HSBC menaikkan saham menjadi  peringkat buy.

Fokus pasar saha Eropa sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, setelah  Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengusulkan untuk mengangkat semua atau beberapa tarif impor Tiongkok. Tujuannya adalah untuk mendorong pembicaraan perdagangan ke depan dan mendapatkan dukungan China untuk reformasi jangka panjang.

Sebagai informasi untuk perdagangan sebelumnya, indeks bursa Eropa sebagian besar lebih rendah  tertekan laporan laba oleh Societe Generale, ketidakpastian Brrexit dan kekhawatiran tentang kemungkinan dampak penutupan sebagian pemerintah di AS membuat investor khawatir.  Indeks Pan-Eropa STOXX 600 berakhir sedikit lebih tinggi. Indeks DAX Jerman tergelincir 0,1 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,3 persen dan FTSE 100 AS turun 0,4 persen.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here