Optimisme Ekonomi Jerman Awal Tahun Meningkat

549

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme investor Jerman meningkat secara tak terduga pada Januari, demikian hasil sebuah survei pada hari Selasa (22/01), menunjukkan bahwa prospek pertumbuhan ekonomi terbesar Eropa semakin cerah meskipun perang perdagangan masih berlangsung dan proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa masih terhambat.

Lembaga penelitian Zentrum für Europäische Wirtschaftsforschung (ZEW) mengatakan survei bulanannya menunjukkan sentimen ekonomi di kalangan investor naik menjadi -15,0 dari -17,5 pada Desember. Ini dibandingkan dengan perkiraan konsensus Reuters -18,4.

Ukuran terpisah yang mengukur penilaian investor terhadap kondisi ekonomi saat ini turun menjadi 27,6 dari 45,3 pada bulan sebelumnya. Prakiraan Reuters adalah 43,5.

Angka-angka ini diperoleh melalui survei terhadap sekitar 300 investor dan analis institusional Jerman, yang dilakukan oleh Zentrum für Europäische Wirtschaftsforschung (ZEW), yang meminta responden untuk menilai prospek ekonomi 6 bulan relatif untuk Jerman.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here