ECB Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa Melambat

832

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan zona Eropa bisa melambat lebih dari yang diperkirakan sebelumnya, demikian Survei Proyeksi Profesional Bank Sentral Eropa pada hari Jumat (25/01), yang menopang sinyal bank untuk memperlambat laju pengurangan stimulus.

Presiden ECB Mario Draghi pada hari Kamis memperingatkan bahwa penurunan pertumbuhan 19 negara anggota zona Eropa bisa lebih dalam dan lebih lama dari perkiraan sebelumnya.

Survei triwulanan ECB, elemen kunci dari pertimbangan kebijakan Kamis, melihat pertumbuhan PDB 2019 sebesar 1,5 persen, di bawah proyeksi sebelumnya sebesar 1,8 persen, kata ECB.

Inflasi terlihat turun ke 1,5 persen, di bawah proyeksi sebelumnya 1,7 persen dan jauh dari tujuan bank hampir 2 persen.

Dalam tanda yang tidak menyenangkan bagi ECB, survei tersebut melihat inflasi jangka panjang atau 2023 pada 1,8 persen, turun dari 1,9 persen, menunjukkan bahwa kepercayaan pada kemampuan bank sentral untuk mencapai targetnya menurun.

ECB telah kehilangan target inflasi sejak awal 2013, tetapi berpendapat bahwa langkah-langkah stimulus bekerja dan tekanan harga meningkat, memungkinkan normalisasi kebijakan setelah bertahun-tahun dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Itu mengakhiri skema pembelian obligasi 2,6 triliun euro ($ 3 triliun) hanya beberapa minggu yang lalu dan telah lama mengisyaratkan bahwa suku bunga akan tetap stabil sampai musim panas, menunjukkan kenaikan di akhir tahun.

Tetapi pasar telah lama menyerah pada langkah seperti itu, menilai kenaikan hanya untuk pertengahan 2020 karena ekonomi zona Eropa menderita perlambatan terbesar dalam lebih dari setengah dekade, tanpa pemulihan yang terlihat.

Survei ECB melihat pertumbuhan 2020 sebesar 1,5 persen, dibandingkan dengan harapan sebelumnya sebesar 1,6 persen. Itu juga melihat inflasi 2020 di 1,6 persen, dibandingkan dengan 1,7 persen terlihat 3 bulan lalu.

Proyeksi pertumbuhan jangka panjang juga dipotong menjadi 1,5 persen dari 1,6 persen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here