Bursa Inggris Paling Kuat Diantara Bursa Eropa Hari Ini

506

(Vibiznews – Index) – Pembukaan perdagangan saham hari Selasa (29/01) bervariasi di bursa utama  kawasan Eropa  karena investor memantau perkembangan perdagangan global, laporan pendapatan perusahaan dan juga hasil pemungutan suara parlemen Inggris untuk plan B-nya Brexit.

Indeks Stoxx Europe 600 mendorong lebih tinggi selama transaksi awal dengan sektor dan bursa menunjuk ke arah yang berbeda.Kini indeks DAX Jerman turun 0,24 persen, indeks CAC 40 Perancis rebound sekitar 0,23 persen dan indeks FTSE 100 menguat 0,77 persen.

Berita koorporasi hari ini datang dari Swedbank yang sahamnya anjlok 2,8 persen setelah melaporkan penurunan laba karena volatilitas pasar baru-baru ini. Sementara itu, saham Royal Mail  anjlok 9 persen setelah mempersempit proyeksi labanya untuk tahun ini. Kemudian ada juga saham SAP turun 2 persen setelah merilis pendapatan baru, dimana perusahaan teknologi itu mengatakan akan mengambil biaya restrukturisasi 800-950 juta euro, terutama pada kuartal pertama.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, setelah prospek untuk kesepakatan perdagangan AS-China yang telah lama ditunggu-tunggu dibalas dengan kemunduran lain. Itu terjadi setelah Washington menyapu bersih tuduhan terhadap raksasa telekomunikasi Beijing, Huawei. Sebelumnya Departemen Kehakiman AS mengajukan tuntutan pidana  terhadap Meng Wanzhou, kepala keuangan raksasa teknologi China Huawei dan putri pendiri dan presidennya Ren Zhengfei.

Fokus di Eropa,  Perdana Menteri Inggris Theresa May akan meminta anggota parlemen Konservatifnya untuk mengirim pesan ke Brussels bahwa mereka akan mendukung usulan Brexit yang diajukannya jika rencana untuk menghindari perbatasan yang keras dengan Irlandia dapat diganti. Inggris diperkirakan akan meninggalkan blok itu tepat dalam dua bulan.

Sebagai informasi untuk perdagangan sebelumnya indeks bursa  lebih rendah  dengan ketidakpastian Brexit,  dan beberapa laporan pendapatan yang mengecewakan membebani sentimen. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 kehilangan 1 persen, indeks DAX Jerman turun 0,6 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,8 persen dan FTSE 100 AS menyerah 0,9 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here