Emas Ditutup Diatas $1,300 Naik Dengan Kuat

262

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak naik lumayan pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Senin kemarin. Metal berharga ini menyentuh ketinggian selama tujuh bulan pada $1,303.70 di dalam Comex Berjangka bulan Februari, memberikan kenaikan harga emas suatu momentum tehnikal yang baru dan menunjukkan lebih banyak kenaikan segera berlangsung.

Emas berjangka bulan Februari terakhir naik $4.80 per ons pada $1,302.90. Perak Comex berjangka naik $0.071 pada $15.77 per ons.

Pasar saham dunia melemah memulai minggu perdagangan yang baru sehingga menguntungkan metal yang “safe-haven”.  Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan melemah semalam. Indeks saham AS turun dengan solid pada pertengahan hari kemarin. Ada sebagian keengganan terhadap resiko di pasar memulai minggu yang baru.

Pemerintah AS dibuka kembali setelah ditutup sebagian untuk satu bulan. Namun, pemerintah bisa tutup lagi pada pertengahan Februari jika Presiden Trump dan Demokrat tidak bisa mencapai kesepakatan mengenai budget AS. Para Trader dan Investor gembira bisa meneliti data-data ekonomi yang baru lebih banyak lagi untuk membantu menggerakkan harga pasar.

Perang perdagangan AS-Cina yang telah berjalan selama empat bulan pada minggu ini mendapatkan para pejabat tinggi dari kedua negara bertemu di Washington D.C. Namun, tidak ada konsensus kemajuan yang bisa dibuat pada pembicaraan minggu ini. Komentar dari pejabat AS dan Cina merupakan komentar yang lama yang sudah ada di dalam peta belakangan ini.

Secara tehnikal, emas berjangka bulan Februari mengalami kenaikan dan memiliki keuntungan tehnikal secara keseluruhan dan telah memperoleh banyak kekuatan belakangan ini yang membuat harga terus dalam tren naik pada grafit balok harian. Obyektif dari kenaikan harga emas berikutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1.330.00 setelah melewati “resistance” terdekat di $1,30370 dan “resistance kedua” di $1,310.00. Sebaliknya obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,275.00 setelah melewati “support” terdekat di $1,296.50 dan “support” kedua di $1,290.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here