EUR/USD Mengambil Keuntungan Karena Pelemahan Dolar AS

350

(Vibiznews-Forex) EUR/USD terus bertahap mengalami kenaikan, mencapai pertengahan 1.1400 an. Penggerak utama adalah antisipasi untuk keputusan Fed yang “dovish” yang melemahkan dolar AS.

Bank sentral yang paling berkuasa di dunia ini diperkirakan tidak akan mengumumkan perubahan kebijakan apapun pada pertemuan pada hari Rabu ini. Namun, ada pertumbuhan ekspektasi bahwa Gubernur Fed Jerome Powell akan memberikan tanda pengakhiran segera dari program pengurangan neraca. Dengan lebih banyak “greenback” yang beredar di sistem global, dolar AS menjadi tidak berarti. Fokus terhadap neraca meningkat setelah laporan di dalam Wall Street Journal pada hari Jumat minggu lalu yang menunjukkan bahwa para pejabat sedang memikirkan suatu perubahan.

Perdana Menteri Cina Liu He telah tiba di Amerika Serikat untuk pembicaraan perdagangan dan diskedulkan untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump. Sentimen meningkat setelah AS mendenda Huawei, perusahaan telekomunikasi dan pembuat telepon Cina, karena mencuri rahasia perdagangan dan kecurangan bank. Mereka juga bergerak maju dengan ekstradisi Meng Wangzhou, CFO dari perusahaan tersebut.

Setelah sentiment awal yang “risk-off”, sentimen pasar membaik, dengan demikian tidak membebani EUR/USD.

Di benua Eropa, Presiden European Central Bank (ECB), Mario Draghi mengulangi pesan yang familiar di dalam testimoni di depan Parlemen Eropa. Dia membuat keseimbangan antara faktor yang berhubungan dengan perlambatan dan mendorong tanda-tanda dari pasar tenaga kerja.

Di Inggris, Parlemen bersiap utnuk mengambil suara atas beberapa amandemen terhadap rencana Brexit. Ketidak pastian tetap tinggi. Setiap pergerakan yang signifikan di dalam poundsterling kemungkinan akan mempengaruhi euro. Setiap berita yang berhubungan terhadap perdagangan akan mendominasi sementara pasar terus mengarahkan perhatian terhadap keputusan dari the Fed pada malan ini.

Saat ini EUR/USD diperdagangkan disekitar $1,4488, pergerakan naik akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,1452 yang apabila terlewati akan berhadapan dengan “resistance” selanjutnya di $1,1477 dan $1,1508. Sebaliknya pergerakan turun akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,1397 yang apabila berhasil dilewati akan berhadapan dengan “support” berikutnya di $1,1366 dan $1,342.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here