Bank Sentral Dunia Paling Banyak Konsumsi Emas di Tahun 2018

624

(Vibiznews – Commodity) – Selama ini konsumsi emas oleh dunia setiap tahunnya di data oleh Dewan Emas Dunia (World Gold Council), dan hari ini lembaga yang berpusat di London melaporkan jumlah konsumsi emas dalam laporan triwulanannya.  Dunia telah mengkonsumsi emas sebanyak 4.345,1 ton pada tahun 2018, meningkat dari konsumsi tahun 2017 yang hanya  4.159,9 ton emas.

Dari survey WGC, pendorong kenaikan konsumsi emas tersebut  adalah bank sentral yang telah membeli 651,5 ton atau 74 persen lebih tinggi dari pada konsumsi 2017 dan total tahunan kedua tertinggi yang tercatat. Penimgkatan konsumsi bank sentral tersebut ketika negara-negara termasuk China dan Polandia bergabung dengan Rusia, Turki dan Kazakhstan dalam menambah cadangan mereka.

Dewan emas dunia tersebut menilai lonjakan pembelian emas oleh bank sentral hingga ke level tertinggi sejak 1967 membantu mendorong permintaan global untuk logam mulia naik 4 persen tahun lalu.

Selain logam emas, WGC juga mencatat permintaan perhiasan emas dunia di tahun 2018 sebanyak 2200 ton atau relatif tidak berubah dari tahun sebelumnya, dengan meningkatnya konsumsi di China, Amerika Serikat dan Rusia mengimbangi penurunan tajam di Timur Tengah dan sedikit penurunan di India.

Dari sisi investasi, WGC mencatat investasi ritel di batangan emas dan koin tumbuh 4 persen menjadi 1.090,2 ton tahun 2018 yang  dibantu oleh kenaikan tajam permintaan 222 persen di Iran menjadi hampir 62 ton.  Emas secara tradisional dipandang sebagai investasi yang aman di masa pergolakan politik atau ekonomi, dan permasalahan ekonomi global baru-baru ini serta perang dagang AS-China  mendukung aliran investasi.

Kemudian untuk permintaan emas dalam elektronik dan perhiasan turun karena konsumen mengurangi belanja, sementara permintaan investasi meningkat dan dana yang diperdagangkan di bursa melihat aliran masuk yang besar.

WGC memperkirakan pembelian emas oleh bank sentral kemungkinan akan meningkat lagi tahun ini dan permintaan di dua pasar emas terbesar yaitu  China dan India kemungkinan akan tetap kuat. China diperkirakaan akan mengkonsumsi emas sebanyak  900-1000 ton dan India 750-850 ton pada 2019. Untuk pasokan global emas, WGC targetkan tumbuh sebesar 1 persen menjadi 4.490,2 ton dari tahun lalu.

 

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here