Bursa Eropa Akhir Januari Bergerak Untung, Saham Nokia Paling Rugi

541

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham Eropa bergerak sedikit lebih tinggi pada hari Kamis (31/01) mengikuti kenaikan perdagangan saham semalam di bursa Wall Street setelah Ketua Fed Powell mengatakan bahwa Fed akan bersabar tentang normalisasi kebijakan lebih lanjut.

Indeks Pan-European Stoxx 600 bergerak naik 0,3 persen lebih tinggi dengan mayoritas sektor di wilayah positif. Saham sumber daya dasar dan automotif menjadi saham berkinerja terbaik karena investor memantau perkembangan pembicaraan perdagangan antara Cina dan Amerika Serikat. Kini indeks DAX Jerman naik 0,43 persen, indeks CAC 40 Perancis alami kenaikan 0,47 persen dan indeks FTSE 100 menguat 0,61 persen.

Secara keseluruhan, fokus investor masih mencerna komentar dari Federal Reserve yang menyebutkan moment kenaikan suku bunga bank sentral Amerika melemah selain fokus laporan keuangan perusahaan.

Laporan koorporasi hari ini datang dari produsen barang-barang rumah tangga yang melaporkan penurunan pendapatan mereka paling besar  seperti saham Unilever turun 2 persen setelah melaporkan penjualan kuartal keempat yang lebih rendah dari perkiraan. Swatch juga turun lebih dari 6 persen setelah laporan keuangan setahun penuh yang mengecewakan.

Saham Nokia juga  turun 5 persen setelah mengatakan bahwa tahun 2019 akan memiliki awal yang bergelombang ketika peluncuran 5G di berbagai negara yang mengadopsi tahapan yang berbeda.

Saham Shell naik sedikit setelah melaporkan bahwa laba melonjak ke level tertinggi empat tahun. Saham Roche juga sedikit lebih tinggi setelah memperkirakan penjualan dan laba yang lebih tinggi pada 2019.

Brexit juga terus menjadi pusat perhatian, dimana para pejabat UE telah mengatakan kepada UK bahwa Perjanjian Brexit  saat ini tidak bisa di negoisasikan kembali seperti yang diminta oleh beberapa anggota parlemen Inggris. Sekarang terserah Perdana Menteri Inggris Theresa May untuk menguraikan apa yang sebenarnya dia inginkan dari UE untuk mengatasi kebuntuan saat ini

Sebagai informasi untuk perdagangan sebelumnya indeks bursa Eropa lebih tinggi pada hari Rabu  karena komentar yang hawkish dari CEO Apple Tim Cook melebihi kekhawatiran tentang Brexit dan pembicaraan perdagangan AS-China. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,4 persen. Indeks CAC 40 Prancis naik 1 persen dan FTSE 100 AS naik 1,6 persen sementara DAX Jerman turun 0,3 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here