Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa 2018 Terendah Dalam 5 Tahun

623

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi zona Eropa berada pada laju pertumbuhan terendah dalam empat tahun dalam tiga bulan terakhir 2018, dengan tingkat tahun ini secara keseluruhan juga yang paling lambat sejak 2014, data menunjukkan pada hari Kamis (31/01).

Produk domestik bruto (PDB) di 19 negara yang berbagi mata uang tunggal naik 0,2 persen di kuartal ini dan 1,2 persen tahun-ke-tahun, kata badan statistik Eropa Eurostat dalam estimasi pertamanya.

Kedua angka cocok dengan perkiraan rata-rata ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Tingkat kuartal-ke-kuartal pada kuartal keempat cocok dengan kuartal ketiga, yang telah menjadi tingkat terendah sejak kuartal kedua 2014. Tingkat tahun-ke-tahun sebesar 1,2 persen adalah level terendah baru lima tahun.

Pada tahun 2018 secara keseluruhan, ekonomi zona Eropa tumbuh sebesar 1,8 persen, turun dari pertumbuhan dalam tiga tahun terakhir sebesar 2 persen atau lebih.

Data baru mendorong Bank Sentral Eropa untuk memangkas proyeksi pertumbuhan 1,7 persen untuk 2019, mengingat bahwa kenaikan pada kuartal keempat hanya setengah dari yang diperkirakan pada Desember.

Data juga mengikuti serangkaian angka lemah, yang dikeluarkan sebelumnya pada hari Kamis, menunjukkan ekonomi global melambat karena hambatan mulai dari perang perdagangan AS-China dan ketidakpastian seputar keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here