Bursa Eropa 5 Februari Melonjak Naik 9 Minggu Tertinggi

570

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa melonjak sembilan minggu tertinggi pada Selasa (05/02), dengan pelaku pasar memantau hasil pendapatan perusahaan.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik sekitar 0,78 persen, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Indeks FTSE Inggris melonjak 1,18 persen. Indeks DAX Jerman naik 1,08 persen. Indeks CAC Perancis naik 0,89 persen.

Saham minyak dan gas Eropa memimpin kenaikan, naik lebih dari 1,4 persen di tengah berita laba. Itu terjadi setelah BP melaporkan laba setahun penuh yang lebih kuat dari yang diantisipasi pada hari Selasa.

Raksasa minyak Inggris ini mengatakan, laba melonjak lebih dari 65 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2017, menyusul kenaikan tajam dalam produksi minyak dan gas dan akuisisi aset serpih AS. Saham BP naik hampir 4 persen di tengah berita.

Melihat saham individu, Pandora Denmark melonjak ke puncak tolok ukur Eropa tak lama setelah bel pembukaan. Itu terjadi setelah pembuat perhiasan melaporkan laba yang lebih baik dari perkiraan untuk tiga bulan terakhir 2018. Saham-saham yang terdaftar di bursa Copenhagen naik lebih dari 14 persen di tengah berita.

Sementara itu, pemasok Apple AMS jatuh ke bagian bawah indeks. Grup Austria mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka memperkirakan pendapatan akan turun selama beberapa minggu mendatang di tengah permintaan smartphone yang terus melemah. Saham perusahaan turun 13 persen selama perdagangan pagi.

Zona Eropa dijadwalkan untuk mempublikasikan data penjualan ritel bulan ke bulan untuk Desember nanti di sesi ini.

Di Asia, indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik, tidak termasuk Jepang, naik 0,4 persen – mendekati level tertinggi empat bulan.

Perdagangan ditutup pada hari Selasa, dengan banyak pasar keuangan Asia ditutup untuk Tahun Baru Imlek. Pasar keuangan China ditutup sepanjang minggu, dengan indeks Korea Selatan akan dibuka kembali pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan bergerak positif terpicu laporan pendapatan perusahaan dan kenaikan saham minyak dan gas.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here