Harga Emas Turun Karena Aksi Ambil Untung Sekalipun Tren Masih Naik

442

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak sedikit turun pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin kemarin, karena tekanan aksi ambil untung dari para trader berjangka yang bermain dalam jangka pendek dank arena koreksi turun yang normal ditengah tren naik dari metal berharga.

Menguatnya indeks dolar AS dan sikap para trader dan investor yang bersemangat memulai minggu perdagangan yang baru juga bekerja melawan pasar metal berharga. Namun, tren kenaikan harga emas dan perak secara keseluruhan masih memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek yang mantap, yang berarti jalan menuju “resistance” yang paling rendah untuk harga emas dan perak tetap “sideways” atau “naik lebih tinggi”.

Emas berjangka bulan April terakhir turun $2.90 per ons pada $1,319.30. Perak Comex bulan Maret terakhir turun $0.046 pada $15.88 per ons.

Pasar saham Eropa dan Asia bercampur di dalam perdagangan yang lebih sepi pada hari Kemarin. Pasar Cina tutup minggu ini karena liburan Tahun Baru Imlek, yang membuat perdagangan lebih sepi di pasar dunia pada minggu ini. Indeks saham AS menguat pada perdagangan pertengahan hari. Para trader dan investor umumnya bersemangat  pada awal minggu ini, setelah laporan pekerjaan AS yang kuat yang dirilis pada hari Jumat minggu lalu dan karena ide bahwa Amerika Serikat dan Cina sedang bergerak lebih dekat kepada kesepakatan perdagangan dengan “deadline” untuk kesepakatan pada awal Maret semakin mendekat. Para pejabat AS dan Cina direncanakan untuk bertemu lagi di Cina pada pertengahan bulan Februari, setelah pertemuan minggu lalu di Washington D.C.

Hal yang lain diluar pasar metal berharga adalan harga minyak mentah Nymex yang turun dan diperdagangkan disekitar $54.50 per barel. Hal ini juga menjadi faktor negatif bagi pasar metal berharga kemarin.

Secara tehnikal, obyektif penurunan harga emas berikutnya adalah mendorong harga emas kebawah “support” tehnikal yang solid di $1,300.00 setelah melewati “support” terdekat pada $1,312.70 dan $1,302.70. Sedangkan obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,350.00 setelah melewati “resistance” terdekat pada $1,323.60 dan $1,331.10.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here