Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Setahun Penuh 2018 Diprediksi Meningkat

707

(Vibiznews – Economy & Business) Pada hari Rabu besok akan dirilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2018.

Menurut jajak pendapat Reuters yang telah dirilis hari Jumat kemarin, maka tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam setahun penuh 2018 diprediksi meningkat, menjadi yang terbaik dalam lima tahun.

Untuk sepanjang tahun 2018, ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini diprediksi tumbuh 5,15 persen, menurut jajak pendapat. Itu akan menjadi yang tercepat sejak 2013 dan di atas 5,07 persen tahun 2017.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan 2018 adalah bukan tahun yang mudah mengingat gejolak pasar yang berakar pada kenaikan suku bunga di Amerika Serikat dan perang dagang AS dengan China. Sri Mulyani menyebut pertumbuhan untuk 2018 sebagai sebuah bukti ketahanan ekonomi Indonesia.

Untuk memerangi arus modal keluar, bank sentral menaikkan suku bunga enam kali sebesar 175 basis poin.

Tantangan tingkat pertumbuhan tahun ini akan datang dari perlambatan pertumbuhan global dan kondisi ketidakpastian seperti perang perdagangan AS-China.

Dukungan pertumbuhan ekonomi bisa datang dari pengeluaran kampanye hingga pemilu, yang dapat mendorong konsumsi, sementara proyek infrastruktur yang terus dikerjakan, dapat meningkatkan produktivitas.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here