Bursa Eropa Hari Rabu Terpukul Merahnya Saham Otomotif

578

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham Eropa  pada hari Rabu (06/02)  yang dibuka mixed kini bergerak negatif oleh pantauan pelaku pasar dari  laporan keuangan perusahaan dan juga laporan data ekonomi utama. Saham Eropa banyak alami profit taking setelah perdagangan sebelumnya cetak kekuatan tinggi.

Indeks Pan-European Stoxx 600 sedikit berubah dari sesi sebelumnya sejak awal sesi, dengan sektor dan bursa utama menunjuk ke arah yang berlawanan.Kini indeks DAX Jerman menurun 0,44 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan 0,37 persen dan indeks FTSE 100 menurun 0,28 persen.

Saham otomotif Eropa yang memimpin penurunan, turun sekitar 0,6 persen di tengah berita laba. Daimler Jerman mengatakan  bahwa laba operasi turun 22 persen selama tiga bulan terakhir tahun 2018 oleh perang dagang antara dua ekonomi terbesar di dunia dan membengkaknya biaya untuk mengembangkan mobil listrik dan self-driving. Akibatnya saham Daimler merosot 2 persen di tengah berita.

Berita koorporasi lainnya, saham CYBG Inggris melonjak hingga naik 10 persen setelah bel pembukaan karena pemilik Clydesdale dan Yorkshire Banks melaporkan sedikit kenaikan dalam pinjaman pada kuartal pertama tahun fiskal 2019, meskipun terdapat persaingan yang kuat di pasar hipotek perumahan Inggris dan ketidakpastian Brexit yang masih ada.

Sementara itu, saham perintis supermarket online, Ocado,  yang terdaftar di bursa London merosot lebih dari 4 persen setelah kebakaran yang dilaporkan di pusat distribusi robot andalannya merusak kompleks itu.

Sebagai informasi untuk perdagangan sebelumnya indeks bursa Eropa ditutup rally  karena investor bereaksi terhadap laporan hasil pendapatan perusahaan.  Indeks Pan Eropa Stoxx 600  naik 1,4 persen hingga mencapai tertinggi sembilan minggu. Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Prancis keduanya melonjak sekitar 1,7 persen, sedangkan FTSE 100 AS naik 2 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here