Saham Airbus Penyumbang Kekuatan Bursa Eropa Kamis

532

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham Eropa pada hari Kamis (14/02) kembali menguntungkan dengan indeks utamanya bergerak lebih tinggi di tengah kesibukan laporan pendapatan perusahaam. Sementara itu para pelaku pasar dengan cemas menunggu tanda-tanda kemajuan dalam putaran terakhir pembicaraan perdagangan AS-China.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik sekitar 0,4 persen dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Kini indeks DAX Jerman naik 0,49 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,68 persen dan indeks FTSE 100 menguat 0,43 persen.

Saham industri Eropa memimpin penguatan saham dengan kenaikan sekitar 1 persen di tengah berita laporan keuangan koorporasi. Saham Airbus Prancis adalah salah satu pemain sektoral teratas, setelah perusahaan mengumumkan hasil kuartal keempat yang lebih kuat dari yang diperkirakan. Grup kedirgantaraan terbesar di Eropa tersebut juga mengumumkan penghentian produksi  superjumbo A380 andalannya. Saham yang terdaftar di bursa Paris tersebut naik lebih dari 4 persen .

Untuk berita saham lainnya, saham Gerresheimer Jerman melonjak lebih dari 10 persen setelah melaporkan hasil kuartal keempat bertumbuh. Namun saham Convatec Inggris yang merupakan pembuat kateter dan kantong kolostomi merosot hampir 20 persen setelah  melaporkan laba operasi  merosot 6 persen pada 2018.

Fokus perdagangan pasar tertuju pada  perkembangan perdagangan global, dengan Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa pembicaraan dengan pihak China berjalan sangat baik,  dan kedua belah pihak berusaha untuk menyelesaikan perselisihan yang berjalan lama sebelum batas waktu 1 Maret.

Sementara itu, anggota parlemen di Inggris diatur untuk berdebat dan memberikan suara pada langkah-langkah selanjutnya dalam proses Brexit setelah  Perdana Menteri Theresa May terus berusaha untuk mendapatkan kesepakatan melalui Parlemen  sebelum negara itu meninggalkan Uni Eropa bulan depan.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya,  bursa saham Eropa mengakhiri sesi hari Rabu dengan optimisme tentang pembicaraan perdagangan dan pembaruan pendapatan yang diterima dengan baik dari orang-orang seperti Akzo Nobel, Heineken dan Amundi membantu menopang sentimen investor. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,6 persen. DAX Jerman dan indeks CAC 40 Prancis keduanya naik sekitar 0,4 persen sementara FTSE 100 di AS naik 0,8 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here