Keuntungan Bursa Eropa Akhir Pekan Mixed, Bursa Jerman Tertekan

1108

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa bergerak mixed pada perdagangan bursa Eropa akhir pekan hari Jumat (15/02) oleh sentimen kekhawatiran pasar akan pertumbuhan ekonomi global setelah angka penjualan ritel AS semalam lebih lemah dari yang diperkirakan.

Indeks Pan-European Stoxx 600 flat dengan sektor dan bursa utama menunjuk ke arah yang berlawanan. Kini indeks DAX Jerman turun 0,28 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,48 persen dan indeks FTSE 100 menguat 0,12 persen.

Saham otomotif Eropa memimpin penurunan selama perdagangan awal, yang turun lebih dari 1,1 persen di tengah berita laporan keuangan perusahaan. Saham pembalap Italia Pirelli memimpin kerugian sektoral, setelah melaporkan penurunan penjualan setahun penuh sehingga saham anjlok lebih dari 1 persen setelah laporan laba.

Untuk berita saham lainnya, saham Scout24 Jerman melonjak setelah Hellman 7 Friedman dan Blackstone menawarkan untuk membeli grup iklan baris online seharga 5,7 miliar euro ($ 6,4 miliar), termasuk utang sehingga saham Scout24 naik hampir 12 persen. Sementara itu, saham Prancis Eutelstat yang terdaftar di bursa Paris turun 9 persen setelah melaporkan penurunan pendapatan bersih semester pertama.

Berita politik yang sedang berlangsung selain Brexit,  Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez diperkirakan akan mengadakan pemilihan umum pada hari Jumat setelah sebelumnya parlemen negeri tersebut menolak proposal anggaran 2019 pemerintah minoritasnya

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya,  bursa saham Eropa mengakhiri sesi hari Kamis jatuh karena investor memantau perkembangan baru pada pembicaraan perdagangan AS-China dan Brexit. Indeka Pan Eropa Stoxx 600 turun 0,3 persen dengan indeks DAX Jerman merosot 0,7 persen dan indeks CAC 40 Prancis turun 0,2 persen sementara FTSE 100 naik 0,1 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here