Bursa Eropa Merugi Tertekan Profit Taking Saham Perbankan

435

(Vibiznews – Index) – Setelah mencetak keuntungan yang tipis pada perdagangan awal  pekan, perdagangan saham bursa Eropa hari Selasa (19/02) alami profit taking dan bergerak lebih rendah. Tekanan jual saham di tengah kekhawatiran  para pelaku pasar dengan cemas menunggu detail dari putaran terakhir perundingan perdagangan AS-China.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun sekitar 0,1 persen, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah negatif. Kini indeks DAX Jerman turun 0,01 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan 0,24 persen dan indeks FTSE 100 turun 0,32 persen.

Indeks saham perbankan Eropa memimpin kerugian dengan turun 0,75 persen di tengah berita laba perusahaan perbankan. Saham HSBC yang terdaftar di bursa saham London turun 3 persen menjadi saham pelaku sektor terburuk, setelah melaporkan angka laba tahunan yang mengecewakan pada hari Selasa.

Melihat pergerakan saham lokal lainnnya, saham William Demant dari Denmark merosot ke hingga anjlok lebih dari 6 persen setelah saham perusahaan pembuat alat bantu dengar mengatakan pertumbuhan penjualan organik tahun ini akan lebih lemah dari ekspektasi pasar.

Sementara itu, ada saham HeidelbergCement yang terdaftar di bursa Jerman melonjak ke puncak indeks yang naik lebih dari 4 persen setelah melaporkan laba yang meningkat menghiraukan  kekhawatiran tentang perang perdagangan dan Brexit.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya,  bursa saham Eropa perdagangan sebelumnya  berakhir sebagian besar lebih tinggi  dengan saham bank memimpin lonjakan setelah seorang pejabat ECB mengatakan putaran baru pinjaman multi-tahun murah ke bank dimungkinkan. Indeks Pan European Stoxx 600 naik 0,2 persen. Indeks CAC 40 Prancis naik tipis 0,3 persen sementara DAX Jerman berakhir sedikit lebih rendah dan FTSE 100 berkurang 0,2 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here