Kepercayaan Investor Jerman Februari Naik Tertinggi 5 Bulan

612

(Vibiznews – Economy & Business) Kepercayaan investor Jerman meningkat lebih lanjut ke level tertinggi dalam lima bulan pada bulan Februari, demikian data survei dari ZEW – Leibniz Center for European Economic Research pada hari Selasa (19/02).

Indikator ZEW untuk Sentimen Ekonomi Jerman naik ke -13,4 poin dari -15,0 poin di Januari. Ekonom telah memperkirakan skor -13,7.

Pembacaan terbaru menandai tertinggi sejak September, ketika skornya -10,6.

Indeks kondisi saat ini turun tajam menjadi 15 dari 27,6. Ekonom memperkirakan 21.0.

“Saat ini, kami tidak mengharapkan pemulihan cepat dari perlambatan ekonomi Jerman,” kata Presiden ZEW, Profesor Achim Wambach.

Situasi ekonomi di Jerman lemah, dengan produksi industri mencatat penurunan yang mencolok, pesanan yang masuk stagnan dan perdagangan luar negeri tidak memberikan dorongan baru, tambah Presiden ZEW.

“Semua ini tercermin dalam kenyataan bahwa penilaian situasi saat ini telah mengalami penurunan yang cukup besar. Selama enam bulan ke depan, para ahli pasar keuangan dalam survei kami tidak mengharapkan perbaikan,” tambahnya lagi.

Ukuran kepercayaan investor ZEW untuk zona Eropa naik 4,3 poin menjadi -16,6. Sedangkan Indeks kondisi saat ini, turun 8,3 poin menjadi -3,0.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here