Bursa Eropa Rabu Dibuka Lebih Mantap Ditopang Saham Otomotif

504

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham Eropa lebih menguntungkan pada sesi Eropa hari Rabu (20/09), di tengah meningkatnya harapan terhadap AS dan China dapat segera mengamankan kesepakatan perdagangan untuk mengakhiri sengketa yang berkepanjangan.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,4 persen dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Kini indeks DAX Jerman menguat 0,71 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,29 persen dan indeks FTSE 100 naik 0,44 persen.

Saham-saham otomotif dan sumber daya dasar Eropa yang berbisnis ke Cina   memimpin kenaikan saham, keduanya naik lebih dari 1,2 persen. Itu terjadi pada saat pelaku pasar sedang memantau putaran perundingan perdagangan terbaru antara Washington dan Beijing.

Melihat pergerakan saham-saham lokal, saham Irlandia Glanbia melonjak ke puncak benchmark Eropa dengan kenaikan hampir 10 persen setelah perusahaan nutrisi tersebut melaporkan laba sebelum pajak naik 16 persen pada 2018, dan memperkirakan akan memberikan pertumbuhan antara 5 persen dan 8 persen pada 2019.

Sementara itu, saham Sainsbury Inggris jatuh ke bawah indeks dengan anjlok lebih dari 12 persen setelah regulator persaingan bisnis Inggris mengatakan pada hari Rabu bahwa supermarket berencana mengambil alih $9,5 miliar sahamnya dari Asda yang dimiliki Walmart harus diblokir.

Terkait berita Brexit,  Perdana Menteri Inggris Theresa May mengunjungi Brussels, Belgia untuk bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker. Pertemuan itu terjadi  ketika May melanjutkan dengan usahanya untuk menegosiasikan kembali kesepakatan Brexit dengan blok Eropa , dengan kurang dari 38 hari sebelum negara meninggalkan Uni Eropa.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya, mayoritas bursa saham Eropa melemah setelah Cina menuduh Amerika Serikat memicu kekhawatiran keamanan cybersecurity, sehingga berisiko memperparah ketegangan antara kedua negara. Selain itu lemahnya laporan pendapatan dari perusahaan seperti Danone, HSBC dan BHP.

Sehingga penutupan bursa Eropa dilaporkan indeks Pan European Stoxx 600 anjlok 0,2 persen. Indeks DAX Jerman naik tipis 0,1 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis turun 0,2 persen dan FTSE 100 turun 0,6 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here