Perdagangan Kopi Arabika di Amerika Memburuk, Terendah 2-Bulan

337

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan kopi Arabika  di bursa komoditas ICE New York bertambah buruk, dimana pada akhir perdagangan  hari Rabu (20/02) ditutup pada posisi terendah dalam  2-bulan.Sedangkan harga kopi Robusta di bursa ICE London flat dan masih berada di posisi terendah dalam sepekan.

Harga kopi Arabika turun di tengah tanda-tanda hujan yang cukup di daerah-daerah penghasil kopi Brasil setelah Somar Meteorologia melaporkan pada hari Senin bahwa 79,6 mm hujan turun dalam sepekan terakhir di Minas Gerais, wilayah penghasil kopi arabika terbesar di Brazil, atau meningkat 186% dari rata-rata historis, yang seharusnya meningkatkan tingkat kelembaban tanah dan hasil kopi.

Sedangkan tekanan pada kopi robusta oleh tekanan pada tanda-tanda meningkatnya pasokan di Vietnam, produsen robusta terbesar di dunia, setelah Departemen Umum Bea Cukai Vietnam melaporkan bahwa ekspor kopi Jan Vietnam naik  19,4% m/m atau 41,1% y/y menjadi 183.693 MT.

Harga kopi arabika untuk kontrak paling besar yaitu Maret 2019 bursa New York  ditutup turun  0,75 atau  0,77% dari posisi perdagangan sebelumnya pada posisi $97,20 per lb dan sempat mencapai posisi terendah di 96.10.  Sedangkan harga kopi robusta kontrak bulan Maret tidak berubah pada  posisi  $1514 per ton.

Harga kopi juga mendapat tekanan ke bawah dari persediaan kopi yang cukup setelah Organisasi Kopi Internasional (ICO) Senin lalu melaporkan bahwa ekspor kopi global selama Oktober-Desember naik   8,1% y/y di 30,9 juta kantong. Selain itu, persediaan kopi yang dipantau ICE tepat di bawah tinggi 4-1/2 tahun dari 2,489 juta kantong yang diposting pada 23 Januari.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga akhir sesi Amerika esok hari, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga kopi arabika dapat naik secara teknikal sehingga dapat terjadi aksi bargain hunting yang didukung proyeksi pelemahan dolar AS.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here