Harga Emas Melemah Setelah Rilis Risalah Pertemuan FOMC

372

(Vibiznews-Commodity) Harga emas diperdagangkan turun secara moderat pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu kemarin. Metal kuning mengalami penurunan harga setelah rilis risalah pertemuan FOMC Federal Reserve. Sebelumnya harga emas sempat menyentuh ketinggian selama 10 bulan. Pembelian dari para trader yang berdasarkan analisa grafik terlihat pada awal minggu di pasar emas dan perak, dengan kedua metal ini mengalami perbaikan di dalam postur tehnikal belakangan ini.

Emas berjangka pada bulan April terakhir turun $0.60 per ons pada $1,344.10. Perak bulan Maret terakhir naik $0.108 pada $16.065 per ons.

Data ekonomi AS pada hari kemarin adalah risalah pertemuan FOMC Federal Reserve yang baru saja dirilis. Risalah tersebut menyatatakan keprihatinan yang meningkat mengenai resiko terhadap pertumbuhan ekonomi AS, yang sebelumnya dikatakan oleh the Fed telah menurun di dalam bulan-bulan belakangan ini. The Fed melihat resiko yang lebih kecil dengan tetap mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah pada saat ini. Risalah tersebut juga mengatakan the Fed akan bersabar di dalam menaikkan tingkat bunga ke depannya dan menambahkan FOMC akan juga terus bergantung kepada data. Anggota FOMC ingin melihat penurunan neraca sekuritas Fed yang besar berhenti nantinya pada tahun ini.

Sementara risalah FOMC tidak berisi sesuatupun yang mengejutkan, nampaknya para trader emas jangka pendek mengambil kesempatan untuk melakukan aksi ambil untung setelah laporan FOMC dikeluarkan dan menyusul keuntungan yang kuat baru-baru ini.

Pada pertengahan minggu nampaknya ada sedikit lebih banyak optimisme terhadap pembicaraan perdagangan AS-Cina yang sedang berlangsung pada minggu ini di Washington D.C.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas dalam jangka pendek menembus “resistance” yang solid pada $1,400.00 setelah dengan lebih dahulu melewati $1,350.00 dan $1,365.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid pada $1,304.70 setelah melewati $1,340.00 dan $1,331.10.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here